4g sinyal

Jaringan 4G Akan Merambah ke Luar Angkasa

Diposting pada

Jaringan 4G Akan Merambah ke Luar Angkasa – Internet saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi banyak orang di dunia tak terkecuali di Indonesia. Tingginya pemakaian internet tersebut membuat kebutuhan akan jaringan yang cepat pun semakin tinggi. Tak heran jika para perusahaan telekomunikasi terus melakukan inovasi guna menciptakan dan mengembangkan sistem jaringan internet yang lebih cepat. Saat ini sendiri beberapa perusahaan teknologi ternama di dunia diketahui sedang mengembangkan jaringan 5G yang akan menjadi generasi penerus dari 4G. Di mana, kabarnya pada tahun 2019 mendatang sinyal 5G ini akan mulai diperkenalkan ke publik.

Meskipun demikian, sebagai jaringan tercepat yang ada saat ini keberadaan 4G sendiri pun bisa dibilang masih belum merata di Indonesia. Banyak daerah tertentu yang bahkan belum bisa menikmati jaringan 4G ini sama sekali. Hal ini menjadi sebuah pekerjaan rumah bagi para penyedia layanan komunikasi untuk terus memperlua jaringannya ke berbagai pelosok Tanah Air.

Jika di Indonesia jaringan 4G ini masih belum merata persebarannya, hal tersebut berbeda dengan di luar negeri khususnya Negara maju. Di mana, di Negara-negara maju jaringan 4G bisa dibilang sudah tersebar diberbagai wilayah. Bahkan, baru-baru ini sejumlah perusahaan jaringan di luar negeri dikabarkan sedang merencanakan sebuah proyek untuk membawa jaringan 4G ini ke luar angkasa atau lebih tepatnya ke Bulan.

Baca Juga: Fitur Baru Dari Twitter

Proyek ini merupakan hasil kerjasama yang dilakukan oleh Vodafone, bersma Nokia untuk mendukung misi dari PTScientist (Part Time Scientist). PTScientist ini sendiri merupakan sebuah perusahaan penjelajahan luar angkasa asal Jerman yang saat ini tengah merencanakan misi ke Bulan. Di mana, perusahaan ini juga dikabarkan bekerjasama dengan perusahan otomotif ternama yakni Audi untuk bisa membuat rover penjelajah.

Nantinya, Vodafone dan Nokia sebagai perusahaan teknologi yang turut bergabung dalam proyek ini akan menyediakan jaringan guna mendukung misi tersebut.  Di mana, jaringan tersebut akan dapat digunakan untuk berkomunikasi dari rover di Bulan dengan Bumi. Bahkan, rencananya jaringan yang akan disediakan tersebut nantinya mampu mengirimkan pencitraan termasuk video dari Bulan secara langsung. Dengan frekuensi 1.800MHz, jaringan tersebut mampu mengirimkan Video HD ke Autonomous Landing and Navigation Module (ALINA) yang terhubung dengan PTScientist.

Nokia dan Vodafone sendiri memilih 4G sebagai jaingan yang akan digunakan dalam proyek ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, 4G disebut-sebut menjadi jaringan yang lebih efisien jika dibandingkan dengan radion analog. Tak hanya itu saja, 4G ini juga memiliki kemampuan untuk transfer data dalam jumlah yang besar, sehingga akan sangat mendukung misi yang tengah direncanakan meluncur 2019 tersebut.

Misi tersebut sendiri sebenarnya telah direncanakan oleh PTScientist semenjak tahun 2017 yang lalu. Di mana, perusahaan penjelajahan luar angkasa tersebut telah menciptakan infrastruktur telekomunikasi yang nantinya akan memudahkan para astronot untuk bisa melakukan panggilan ke bumi. Sebelum proyek ini mulai dikerjakan, PTScientist sendiri pernah melakukan beberapa hal salah satunya adalah menciptakan moon rover untuk Google Lunar XPrize.

Di sisi lain, proyek ke Bulan sendiri memang saat ini menjadi salah satu hal yang banyak dilakukan oleh Negara-negara maju. Salah satu tujuan dari proyek penjelajahan Bulan yang banyak dilakukan adalah untuk bisa mengetahui kemungkinan Bulan untuk bisa ditinggali manusia. Bahkan, Jepang sebagai salah satu yang juga melakukan misi penjelajahan bulan dikabarkan juga akan mengirimkan manusia ke satelit Bumi tersebut.

Gambar Gravatar
Manusia yang selalu apa adanya ya walaupun ada apanya dan terkadang tidak ada apa-apa nya , hanya cinta yang ku punya dan bukan emas dan permata. Newbi yang selalu ingin belajar lebih tau dan selalu ingin berbagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.