Android Lemot Bisa Diatasi dengan Mudah, Berikut Caranya
Android Lemot Bisa Diatasi dengan Mudah, Berikut Caranya

Terbukti! Android Lemot Bisa Diatasi dengan Mudah, Berikut Caranya

Diposting pada

Terbukti! Android Lemot Bisa Diatasi dengan Mudah, Berikut Caranya – Para pengguna android pasti menginginkan semua memori, aplikasi, dan hal penting mereka bisa tersimpan di handphone, hanya saja kapasitas RAM dan Memori internal yang terbatas kadang tidak memungkinkan untuk itu.. RAM dan Memori yang terlalu penuh bisa menyebabkan android kamu menjadi lemot, karena kinerja RAM atau memori yang semakin berkurang. Tapi, kamu tidak usah khawatir lagi karena kinerja RAM dan memori android ternyata bisa ditambah. Yuk intip caranya!

Tips menambah kinerja RAM

Pada umumnya android kelas menengah ke bawah hanya memiliki kapasitas RAM 512 MB hingga 1 GB. Untuk itu, jika kamu menjalankan banyak aplikasi sekaligus, performa android kamu akan mulai lemot alias lambat atau yang juga dikenal dengan istilah “lag”.

Tips pertama yang harus kamu lakukan untuk mengatasi problem ini adalah jangan sekali-kali menggunakan task killer untuk menutup semua aplikasi yang kamu jalankan. Tindakan ini memang akan membuat semua aplikasi tertutup dan android kamu akan lancar kembali, namun hal ini hanya akan berlangsung sesaat. Sebab, semua itu akan kembali berjalan seperti kondisi semula. Task Killer, RAM Booster atau RAM Optimizer pada dasarnya memberikan efek placebo pada RAM kamu, tanpa mendatangkan manfaat yang semestinya.

Baca Juga: Cobalah 4 Tips Berikut Ini, Sebelum Anda Memutuskan Membeli Charger Baru

Di antara cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan “membersihkan” secara manual. Bukalah Setting-Apps pada handphone kamu kemudian pilihlah Tab Running, kamu akan melihat daftar aplikasi yang sedang berjalan. Jika pada android kamu terdapat aplikasi tidak pernah digunakan, sebaiknya dihapus saja. Lalu bagaimana jika aplikasi ini dibutuhkan hanya dalam waktu tertentu? Jawabannya gunakanlah aplikasi seperti Advance Task Manager, lalu aturlah aplikasi tersebut agar tidak berjalan secara otomatis saat android diaktifkan. Namun, perlu diingat jangan pernah menggunakan aplikasi tersebut untuk membersihkan aplikasi RAM android kamu.

Tips menambah kinerja Memori Internal

Ukuran berbagai aplikasi dan game android akan semakin bertambah setiap harinya. Tentu saja ini akan membuat memori internal kamu penuh dengan lebih cepat, walaupun hanya beberapa aplikasi yang terinstal. Selain itu koleksi lagu, foto, sampai video yang kamu punya pastinya akan memperkecil ruang atau kapasitas memori internal yang ada. Ditambah lagi, biasanya ruang yang tersedia untuk pengguna hanya 3/4 bagian saja, contohnya jika yang tertera pada spesifikasi produk adalah 16 GB maka yang bisa kamu gunakan sebagai pengguna hanya 12 GB saja. Bahkan untuk beberapa produk smartphone kapasitas yang bisa digunakan lebih kecil lagi.

Cara yang paling simpel untuk mengatasi hal tersebut adalah menghapus aplikasi atau data yang sudah tidak digunakan, jika android kamu menggunakan microSD maka pindahkanlah semua koleksi foto, lagu, dan video ke dalamnya. Namun, jika android kamu tidak memakai micro SD, maka sebaiknya pindahkan semua itu ke penyimpanan awan (cloud).

Buat kamu yang punya perangkat dengan OS Ice Cream Sandwich ke bawah, kamu bisa memindahkan aplikasi dan game ke microSD. Caranya, bukalah Setting kemudian Apps, lalu pilihlah aplikasi-aplikasi yang ingin kamu pindahkah, klik tombol “move to SD card”.

Sedangkan, untuk perangkat handphone dengan OS Jelly Bean ke atas, sebaiknya menggunakan aplikasi semacam Link2SD untuk memindahkan aplikasi dan game ke microSD. Pastinya aplikasi ini bisa digunakan setelah melakukan rooting terebih dahulu.

Kamu perlu waspada, jangan pernah terjebak dengan pernyataan bahwa melakukan root dapat membuat kapasitas ruang penyimpanan memori internal akan bertambah. Rooting memang akan menghapus berbagai aplikasi bawaan smartphone, tapi aplikasi tersebut tetap ada pada partisi sistem. Jadi, kapasitas pada partisi sistem bertambah, tetapi tidak untuk kapasitas partisi yang digunakan untuk penyimpanan aplikasi yang kamu unduh. Artinya, tidak aka ada terjadi penambahan kapasitas penyimpanan pada memori internal kamu, walaupun sudah menghapus beberapa aplikasi bawaan.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menginstal aplikasi tersebut pada pasrtisi system. Tetapi pastikan dulu kamu memang sudah mahir dalam hal itu alias memiliki keahlian. Namun, setidaknya menghapus aplikasi pada system akan mengurangi penggunaan RAM dari proses yang dimiliki.

Dari berbagai cara yang sudah dijelaskan di atas, cara paling ampuh tentunya dengan menghapus semua aplikasi, game, lagu, dan lain sebagainya yang sudah tidak diperlukan lagi. Game atau aplikasi yang kamu hapus tentu saja akan memberi ruang untuk dapat menginstal aplikasi baru, dan tentu saja mengurangi jumlah aplikasi berukuran besar pada smartphone akan membuat performa handphone kamu akan kembali lancer seperti sedia kala.

Jadi untuk kamu yang masih mengeluh dengan android yang lemot atau “ngadat” tiba-tiba, mungkin kamu bisa mencoba cara di atas. Kamu juga sebaiknya melakukan cek ulang pada android kesayangan kamu, sekiranya ada aplikasi yang sudah tidak dibutuhkan maka sebaiknya dihapus saja. Agar kamu bisa menggunakan android kamu dengan nyaman, tanpa harus khawatir lagi dengan performanya menjadi lamban.

Gambar Gravatar
Manusia yang selalu apa adanya ya walaupun ada apanya dan terkadang tidak ada apa-apa nya , hanya cinta yang ku punya dan bukan emas dan permata. Newbi yang selalu ingin belajar lebih tau dan selalu ingin berbagi.

3 thoughts on “Terbukti! Android Lemot Bisa Diatasi dengan Mudah, Berikut Caranya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.