Memilih Layar Smartphone
Memilih Layar Smartphone

4 Langkah Pintar Memilih Layar Smartphone

Diposting pada

4 Langkah Pintar Memilih Layar Smartphone – Layar smartphone menjadi perangkat keras yang banyak menyita perhatian pengguna, karena pada layar lah anda bisa mengoperasikan smartphone andalan anda. Namun, jangan membeli layar smartphone hanya berdasarkan tampilan saja, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam Memilih Layar Smartphone .

1. Ukuran layar

Sebagai pengguna smartphone yang pintar, anda harus mempertimbangkan ukuran layar yang sesuai dengan kebutuhan anda. Biasanya layar smartphone diukur secara diagonal dalam satuan inci.

Terdapat beragam ukuran layar smartphone yang bisa anda pilih, jika anda menginginkan smartphone yang mudah dibawa kemana-mana, pilihlah layar dengan ukuran di bawah 4,5 inci. Namun jika anda seorang Gamer atau Youtuber, layar dengan ukuran di atas 4,5 inci sangat direkomendasikan untuk anda, layar dengan ukuran 5,5 s/d 6,5 inci ini lebih dikenal dengan sebutan tablet.

2. Jenis layar

Produsen smartphone menyediakan berbagai jenis layar yang diproduksi sesuai dengan kebutuhan pengguna, serta dengan karakter unggulan yang menarik. Ada beragam teknologi layar yang ditawarkan produsen pada para konsumennya, di antaranya:

 

4 Langkah Pintar Memilih Layar Smartphone

 

  1. TFT LCD

TFT LCD atau Thin Film Transistor Liquid Crystal Display merupakan jenis layar smartphone yang paling banyak digunakan. TFT LCD adalah dasar dari sebuah teknologi layar LCD, layar ini biasanya cukup tebal dibandingkan dengan layar smartphone lainnya hingga membutuhkan daya yang besar sebagai sumber cahayanya

TFT LCD ini sendiri terdiri dari beberapa jenis berdasarkan kualitas dan harganya, untuk smartphone dengan harga murah, produsen hanya menggunakan layar dengan sudut pandang sempit dan tampilan warna yang kurang menarik. Sebaliknya, smartphone dengan harga selangit sudah menggunakan layar dengan kualitas yang tentu jauh lebih baik.

  1. IPS LCD

Inline Plane Switching atau yang lebih dikenal dengan IPS, termasuk jenis layar smatrphone yang bisa menampilkan resolusi tinggi, tentu dengan jangkauan sudut pandang yang luas hingga 170 derajat. Dibandingkan dengan TFT LCD, IPS dapat dikatakan lebih handal dan berkualitas jika digunakan pada smartphone kelas menengah ke bawah.

Saat ini, hampir semua smartphone menggunakan jenis layar ini, terutama smatphone dengan kualitas menengah ke atas.

  1. Super LCD

Smartphone produksi HTC banyak menggunakan jenis layar ini untuk mendukung smarpthone produksinya. Ada beberapa keunggulan yang ditawarkan SLCD, di antaranya terdapat ruangan kedap udara antara lapisan kaca luar dan dalam yang mampu meminimalisir pantulan cahaya.

Baca Juga: 4 Cara Merubah Font Android dengan atau Tanpa Root

Dengan keunggulan ini, menjadikan smartphone dengan layar SLCD cocok digunakan oleh para pekerja lapangan yang bekerja di ruang terbuka dengan intensitas cahaya tinggi. Di samping itu, layar ini tidak mengkonsumsi daya yang besar jika dibandingkan dengan layar LCD lainnya.

  1. Amoled

Sebelum IPS LCD hadir, Amoled sempat mecuri perhatian produsen smartphone karena bentuknya yang tipis dan tidak memerlukan cahaya khusus hingga sangat direkomendasikan untuk smartphone dengan daya baterai yang rendah. Tetapi, kurang tajamnya gambar yang ditampilkan menjadi kekurangan dari layar jenis ini.

Jumlah produksi layar Amoled yang terbatas mengakibatkan layar ini lebih mahal dibandingkan dengan layar LCD lainnya. Namun jangan risau, saat ini telah hadir beragam jenis layar Amoled yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, seperti Super Amoled, Super Amoled plus HD, dan sebagainya.

  1. IGZO

Indium Gallium Zinc Oxide atau yang lebih dikenal dengan IGZO menjadi jenis layar smartphone termutakhir yang hadir saat ini. IGZO diharapkan mampu menjawab tantangan masa depan yang mampu menampilkan resolusi tinggi dengan kepadatan pixel yang mengangumkan, namun tetap ramah baterai.

Smartphone kelas atas sudah mulai mencoba keunggulan layar ini pada smartphone rancangan mereka, seperti seri Aquos dari Sharp dan iPad Air rancangan Apple. Tak bisa dipungkiri, beberapa saat lagi, IGZO akan mendominasi pasar layar smartphone dunia.

  1. Resolusi dan PPI

Aspek terpenting berikutnya yang tidak boleh luput dari perhatian anda adalah tingkat resolusi yang dihasilkan oleh layar smartphone yang anda inginkan. Tingkat resolusi akan berpengaruh pada ketajaman gambar yang ditampilkan. Ada beberapa ukuran resolusi yang disuguhkan saat ini, seperti QVGA (320 x 420 piksel) hingga Ultra HD 4k dengan 3840 x 2160 piksel.

Pada dasarnya, jumlah piksel yang ditawarkan akan mempengaruhi ketajaman gambar yang ditampilkan. Contohnya layar berukuran 4 inch dengan resolusi HD (720 x 1280 piksel) akan menyuguhkan gambar dengan tingkat ketajaman yang lebih baik dibandingkan smartphone dengan layar 5 inch dan mempunyai resolusi yang sama. Namun yang perlu diperhatikan adalah batas minimun kepadatan piksel yang ditawarkan layar smartphone tidak boleh kurang dari 200 ppi (pixel per inch) agar gambar yang ditampilkan dapat dinikmati dengan baik.

Berikut resolusi minimun dari sebuah layar smartphone yang bisa jadi acuan anda dalam memilih layar dengan kualiatas yang baik. Layar 3 inch = 320 x 480 piksel, layar  4 inch = 480 x 800 piksel, layar 5 inch = 540 x 960 piksel

  1. Material pelindung

Goresan menjadi musuh utama para pecinta smartphone, mereka akan berlomba-lomba melindungi layar smartphone mereke dengan berbagai aksesoris menarik. Tetapi saat ini anda tidak perlu khawatir lagi, produsen smartphone dunia telah menyempurnakan smartphone unggulannya dengan material pelindung layar khusus yang mampu menjaga kecantikan layar smartphone anda. Tidak hanya melindungi dari goresan, material pelindung yang disediakan mampu menjaga smartphone kesayangan anda dari benturan dengan benda tajam. Gimana, canggih bukan?. Berikut beberapa jenis material pelindung layar smartphone.

A. Oleophobic Coating merupakan lapisan pelindung smartphone dari kotoran, minyak dan debu. Lapisan ini banyak digunakan oleh smartphone versi lawas seperti Samsung Galaxy Nexus I9250.

B. Scratch-Resistant Glass adalah lapisan pelindung layar smartphone dari goresan-goresan kecil. Lapisan ini banyak digunakan oleh brand Sony.

C. Corning Gorilla Glass merupakan lapisan pelindung karya perusahaan Corning yang bergerak di bidang manufaktur kaca. Inilah lapisan layar yang sedang digandrungi zaman sekarang, karena bukan hanya menjaga layar dari goresan tapi juga melindungi layar saat smartphone terjatuh. Tingkat ketebalan lapisan yang tipis menjadikan palindung ini memiliki tingkat sensitifitas yang baik, selain itu lapisan ini disebut-sebut sebagai lapisan ramah lingkungan karena tidak menggunakan besi berat sebagai bahan baku utamanya. Dengan berbagai keunggulan ini, Gorilla Glass dipilih menjadi lapisan untuk smartphone kelas atas.

D. Dragontrail Glass menjadi juara di antara lapisan layar smartphone lainnya. Struktur lapisan yang kuat dan berkualitas tinggi menjadikan lapisan ini mampu menahan beban sampai 60 kg, walaupun hanya memiliki ketebalan 1 mm saja. Dragontrail Glass menjadi pilihan untuk layar smartphone outdoor seperti Sony Ericsson Xperia Active.

 

Gambar Gravatar
Manusia yang selalu apa adanya ya walaupun ada apanya dan terkadang tidak ada apa-apa nya , hanya cinta yang ku punya dan bukan emas dan permata. Newbi yang selalu ingin belajar lebih tau dan selalu ingin berbagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.