Langkah Mudah Menghemat Baterai Android
Langkah Mudah Menghemat Baterai Android

15 Langkah Mudah Menghemat Baterai Android

Diposting pada

15 Langkah Mudah Menghemat Baterai Android – Tak bisa dielakkan, android menjadi kebutuhan primar di zaman sekarang. Bentuknya yang simpel dan mudah digunakan menyebabkan setiap orang memanfaatkannya untuk beragam aktifitas. Baterai pun menjadi perhatian utama para pengguna perangkat ini, tentu anda tidak ingin aktifitas anda tersendat hanya karena low-batt, berikut beberapa tips dan trik supaya baterai android anda bisa bertahan lebih lama.

  1. Charge android anda setiap ada kesempatan

Lithium Ion dan lithium polymer adalah dua jenis baterai tidak bermemori yang digunakan hampir oleh semua android. Tidak perlu mengisi baterai hingga penuh, menjadi alasan banyaknya penggunaan baterai jenis ini, karena itu anda bisa menambah daya baterai kapanpun dan dimanapun anda berada.

  1. Gunakanlah background berwarna hitam

Semakin gelap warna background yang digunakan akan semakin sedikit daya baterai yang dihabiskan. Background hitam atau gelap bisa diaplikasikan pada layar perangkat berjenis Amoled, yaitu teknologi layar suatu perangkat dengan tingkat ketajaman yang tinggi namun dengan konsumsi daya yang rendah.

  1. Jangan gunakan auto-brightness

Menyenangkan memang, menggunakan auto-brightness pada perangkat kesayangan anda, pengaturan ini memudahkan anda dalam menyesuaikan tingkat kecerahan perangkat sesuai dengan tempat anda berada. Tetapi tidak jarang, cahaya perangkat menjadi lebih cerah daripada yang dibutuhkan, padahal pencahayaan ini merupakan komponen yang paling banyak menyerap data baterai. Karena itulah, mengatur pencahayaan android anda secara manual sangatlah dianjurkan.

  1. Cukup gunakan ringtone

Banyak pengguna android menggunakan ringtone dan vibrate (getar) disaat yang bersamaan karena suatu kebutuhan. Tetapi jika tidak terlalu mendesak, cukup gunakan ringtone pada android anda, karena sebenarnya vibrate (getar) memakan daya lebih besar dibandingkan ringtone. Di samping itu, optimalkan pemakaian baterai anda dengan menonaktifkan fitur haptic feedback.

  1. Baterai original tetap yang terbaik

Membeli baterai KW memang lebih murah dan bisa ditemui dimanapun. Tetapi untuk menjaga android anda agar tetap awet, gantilah baterai anda dengan baterai ori atau baterai dari brand yang terpercaya. Karena baterai KW sangat berpotensi merusak android kesayangan anda.

  1. Kurangi Screen Timeout

Aturlah penggunaan screen timeout atau waktu mati otomatis layar anda dengan bijak. jika sebelumnya diatur selama 1 menit, kurangilah menjadi 30 atau 15 detik. Di samping itu, matikanlah layar android anda saat tidak lagi digunakan.

  1. Non aktifkan Data seluler dan aktifkan Airplane mode

Di saat-saat tertentu seperti sedang bekerja atau sibuk dengan beragam aktifitas, anda bisa menonaktifkan penggunaan Data Seluler dan wi-fi. Di samping tidak akan menganggu aktifitas anda, daya baterai anda akan semakin tahan lama.

Baca Juga: 10 Tips Memilih Headset Bluetooth yang Nyaman Digunakan

Selain itu, telah banyak bermunculan aplikasi-aplikasi keren untuk menghemat daya baterai, bahkan beberapa produsen android telah membekali android anda dengan fitur-fitur penghemat baterai, Seperti Sony dengan Stamina Modenya, bahkan baterai anda bisa dihemat secara lebih maksimal jika mengaktifkan fitur airplane mode ketika anda tidur di malam hari.

  1. Nonaktifkan fitur yang tidak dipakai

Produsen membekali setiap android produksinya dengan berbagai fitur canggih untuk memudahkan anda, tapi tidak semua fitur itu akan anda gunakan. Ada beberapa fitur yang jarang digunakan, seperti bluetooth, GPS, air gestures, dan sebagainya. Non aktifkanlah fitur-fitur tersebut jika anda tidak menggunakannya, supaya daya baterai anda tidak terbuang percuma.

  1. Atur konektivitas wi-fi

Terdapat beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk mengatur konektivitas wi-fi ini, seperti: menon aktifkan data seluler dan mengubah pengaturan wi-fi di perangkat anda menjadi “Always on during sleep“, karena hal ini bisa meminimalisir penggunaan daya baterai anda dibandingkan melakukan reconnecting setiap menyalakan android.

  1. Gunakan locksreen widget

Lockscreen widget adalah fitur bawaan beberapa android yang memberikan kemudahan kepada anda untuk mengakses aplikasi favorit anda tanpa harus membuka kunci perangkat anda terlebih dahulu. Fitur ini akan menghemat waktu penggunaan android sehingga baterai pun akan lebih tahan lama. Selain itu, daya baterai akan semakin lama digunakan ketika background lockscreennya juga berwarna gelap.

  1. Uninstal widget yang tidak dibutuhkan

Widget yang terkoneksi langsung dengan internet seperti facebook, twitter, prakiraan cuasa dapat anda unistall jika anda tidak terlalu membutuhkannya, karena widget seperti itu akan menguras daya baterai anda dengan cepat.

  1. Update aplikasi

Berusahalah untuk selalu update terhadap aplikasi-aplikasi yang ada pada android anda. Karena para pengembang selalu mengoptimalkan kinerja sebuah aplikasi yang ramah terhadap baterai android anda. Di samping itu, hapuslah berbagai aplikasi yang tidak anda gunakan, supaya daya baterai bisa dioptimalkan untuk aplikasi-aplikasi penting lainnya.

  1. Matikan Auto-Sync untuk akun google

Sama halnya dengan tips di atas, sebaiknya anda mematikan berbagai aplikasi bawaan google yang tidak anda butuhkan dengan menonaktifkan opsi sinkronisasi pada aplikasi tersebut.

  1. Matikan Auto-Sync Aplikasi

Berbeda dengan aplikasi bawaan google sebelumnya, terdapat beberapa aplikasi pada android anda yang dapat melakukan sinkronisasi secara otomatis agar kontennya dapat selalu update, seperti twitter, facebook, dan lain sebagainya. Aplikasi ini dapat menguras daya tahan baterai anda, oleh karena itu anda dianjurkan untuk mematikan auto-sync aplikasi hingga proses update setiap aplikasi dapat anda kontrol secara manual.

  1. Matikan Auto Update Play Store

Update secara otomatis memang memudahkan anda, tapi sangat tidak ramah pada baterai android kesayangan anda. Lakukanlah update aplikasi secara manual, agar play store tidak mengupdate aplikasi saat baterai dalam keadaan low-batt.

Itulah langkah-langkah sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengoptimalkan daya baterai anda, juga menjaga ketahanan android anda. Selamat mencoba.

Gambar Gravatar
Manusia yang selalu apa adanya ya walaupun ada apanya dan terkadang tidak ada apa-apa nya , hanya cinta yang ku punya dan bukan emas dan permata. Newbi yang selalu ingin belajar lebih tau dan selalu ingin berbagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.